Hot Item

Hot Item

Recent Posts

Minggu, 22 April 2012

Kidal dan masalah mereka sebagai minoritas :(



     Masalah yang dihadapi orang kidal tidak begitu tampak dan jelas, tapi benar-benar terjadi dan setiap hari menusuk mereka. Mayoritas manusia memang lebih banyak mengguankan tangan kanan, maka minoritas yang menggunakan tangan kiri pasti tertindas. Masyarakat kita yang dulu berkata bahwa penggunaan tangan kiri adalah tidak bersin dan tidak sopan harus mengerti bahwa tangan kidal adalah bawaan lahir. Kita harus bias mengerti. Tetapi walaupun kita mengerti, masalah mereka belumlah terselesaikan. Berikut beberapa masalah yang mengganggu mereka karena mereka tercipta sebagai  minoritas.




1   1. Menggunting.
     Seorang kidal sangat sulit menggunakan gunting. Karena gunting memang didesain untuk tangan kanan. Memang banyak juga yang menggunting tetap menggunakan gunting biasa walau mereka menderita ketidakrapian dan sedikit luka atau lecet pada tangan kirinya. Tetapi mereka tetap berusaha.
     Gunting untuk orang kidal memang sudah ada dan dipasarkan, tetapi yang menjadi masalah adalah berarti si kidal harus membawa gunting khusus tangan kirinya kemanapun ia pergi, karena suatu saat ia  perlu memotong, ia butuh gunting, ia tak bisa menggunakan sembarang gunting.

2    2. Bangku kelas/kuliah berlengan.
     Bangku berlengan, yang papan menulisnya langsung menempel di lengan kursinya, yang banyak ada di perguruan tinggi dan sekolah menengah tidak dapat digunakan oleh orang kidal. Biasnya orang-orang menulis dengan tangan kanan, dan saat di ruang kelas atau kuliah, mereka meletakan tangan kanannya dilengan sebelah kanan kursi. Tapi untuk orang kidal yang menulis dengan tangan kirinya,  ia akan menggantung lengan kirinya. Itu sangat sulit dan melelahkan. Walau sekolah bagus biasanya punya kursi khusus kidal, tetapi sebagian besar tidak.

3     3. Tulisan.
     Standar menulis adalah dari kiri ke kanan. Bagi yang menulis dengan tangan kanan. Saat menulis huruf demi huruf, seseoranga akan menarik lengannya untuk menulis huruf selanjutnya. Tapi untuk si kidal, mereka akan kesulitan melakukannya. Saat mereka menulis, mereka mendorong lengannya untuk menulis huruf demi huruf. Padahal kecenderungan lengan adalah menarik karena otot bisep lebih kuat dari otot trisep. Ini membuat tulisan mereka kurang rapi.
     Beberapa tulisan memang punya aturan yang berbeda seperti tulisan china yang ditulis dari atas ke bawah atau tulisan arab yang di tulis dari kanan ke kiri. Tapi sepertinya tulisan yang paling sering digunakan diselurh dunia adalah jenis tulisan yang digunakan untuk menulis blog ini.

4     4.  Gitar.
     Orang kidal sangat sulit bermain gitar. Karena petunjuk kunci gitar adalah untuk tangan kiri. Tapi yang satu ini tidak perlu minder. Karena  beberapa gitaris terkenal adalah kidal. Dua anggota dari  Club Forever27: Kurt Cobain dan Jimmy Hendrix, serta gitaris the Beatles gitaris Beatles Paul McCartney.

5     5.  Jabat tangan.
     Cara sederhana untuk bertukar salam ini bias membuat malu bagi para kidal. Insting alami mereka adalah mengacungkan tangan kiri untuk bersalaman. Namun karena norma sosial yang harus mengekang insting alami mereka. Maka mereka memaksakan tangan kanannya, ini menyebabkan kebingungan dan kegugupan pada setiap gerakannya.
 
Fakta:
Sekitar 10
% dari populasi dunia terdiri dari orang  kidal.
So Saling menghormati  dan jangan merendahkan minoritas!!!

Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar