Hot Item

Hot Item

Recent Posts

Jumat, 22 Februari 2013

Buatlah Agar Uang Lebih Ramah Pada Kita!

Uang bukanlah sebuah mahluk hidup yang punya perasaan. Tapi perasaan kita tentang uang akan sangat mempengaruhi kehidupan kita bersamanya. Ini bukan tentang cara melunasi hutang atau mencari penghasilan tambahan, tips dibawah adalah beberapa cara untuk membuat kita berpikir baik tentang uang. Saat kita berpikir baik tentangnya. Lihatlah perbedaan kehidupan keuangan anda kedepan...


1. Jagan menunda!
Selesaikan semuanya. Saat anda menunda sesuatu, berarti anda menunda dari mendapatkan uang. Ya. Meski pekerjaan itu tidak menghasilkan uang, bisa saja disaat anda punya sesuatu yang menghasilkan uang, tetapi anda tak punya waktu dan harus menyelesaikan tugas tak menghasilkan uang yang anda tunda sebelumnya. 
Jadi jika sekarang anda punya waktu sepuluh menit yang mungkin terbuang. Mungkin beberapa tips dibawah akan sangat membuat sepuluh menit anda berubah jadi sangat berharga.
2. Beramal
Sudah banyak sekalu ajakan untuk beramal. Kita diajari bahwa beramal membuat kita mendapatkan lebih. Tidak harus dengan uang, anda bisa menyumbangkan baju-baju lama atau buku-buku. Ini bukan hanya  soal agama dan religiusitas dan orag lain. Ini tentang perasaan kita pada uang, pada apa yang kita miliki. Saat seseorang sangat membutuhkan sepuluh ribu dari tangan kita untuk keluarganya. Kita menghabiskan sepuluh ribu saja hanya untuk sepotong donat atau secangkir kopi. Kita belajar bahwa nilau uang tidak berubah, namun harganya tergantung siapa pemiliknya.
3. Lari atau berjalan berkeliling.
Jika saat ini anda sedang terkejut betapa banyak tagihan anda, atau betapa banyak pengeluaran anda bulan lalu. Berkeringatlah. Ini membuat anda positiv menghadapinya. Ide-ide dan pemecahan baru sangat mungkin didapatkan saat anda berkeringat kelelahan. Atau siapa tahu anda bertemu orang baru yang mungkin bisa membantu anda.
4. Menabung bukan menyisihkan.
Saat anda berpikir untuk menabung anda akan berpikir bahwa uang tabungan adalah total pendapatan dikurangi ini itu, lalu dikurangi tambahan ini itu, lalu dikurangi lagi untuk hiburan ini itu. Dan hasilya "0". Selanjutnya, adalah total penghasilan anda, dikurangi tagihan wajib anda. Ambillah sedikituntuk menabung dan anggap uang itu adalah cicilan untuk kebahagiaan dan ketenangan hidup anda. Lalu sisanya boleh anda kurangi lagi dengan kebutuhan apapun yang anda mau.
5. Lihatlah kedalam kulkas anda.
Ada lelucon yang dipakai orang saat ingin membeli kulkas. "Aku mampu membeli kulkas, tapi belum tentu mampu membeli untuk mengisinya nanti". Begitulah. Lihatlah kedalam kulkas anda, apa anda membuang-membuang uang disana? Jika anda bijak memilih mana makanan yang baik dan hemat, selain anda mendapatkan sisa uang bulan depan yang lebih banyak, anda akan mendapatkan kehidupan yang lebih sehat.
6. Membersihkan dompet.
Dompet yang tebal belum tentu berisi uang semua. Pasti ada sampah disana. Entah itu bukti pembelian, bukti pembayara. Bersihkan. Dompet yang bersih memberi gambaran bahwa pemiliknya memiliki otak yang bersih. Anda akan benar-benar tahu seberapa tebal dompet anda sebenarnya. Dan otomatis anda akan tahu seberapa besarkah pengeluaran yang sepantasnya anda bisa lakukan. Semua akan jelas.
7. Ingatlah Masa Tua.
A nda tahu bank-bank punya produk pinjaman membeli rumah, pinjaman membeli mobil dll. Tapi tak ada pinjaman untuk mengurus orang tua. Mungkin ada baiknya anda mulai mencari tahu tentang dana jaminan sosial atau jaminan hari tua. Itu sangat penting unuk anda agar terus merasa baik dengan uang di masa depan.

Terimakasih... 'N Action!!!

Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar