Hot Item

Hot Item

Recent Posts

Jumat, 08 Maret 2013

Cegah Otak Rusak gara-gara 10 Kebiasaan ini!

     Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lainya. Bayangkan, dengan kerumitan otak seperti itu, maka Anda wajib menyayangi otak Anda cukup dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering disepelekan.




     Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

      Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

     Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak. Maka, hindarilah kebiasaan buruk di bawah jika Anda masih ingin otak Anda bekerja dengan baik.

1. Tidak mau sarapan
     Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. Kebanyakan makan
     Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak, yang akan berdampak pada sirkulasi darah yang tidak lancar disana, yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

3. Merokok
     Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Beberapa zat dalam roko ternyata mempercepat kematian sel-sel dalam tubuh termasuk otak. Sementara regenarasi sel akan tetap berjalan sesuai jadawal. Tidak otomatis mempercepat dirinya. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula
     Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara
     Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien karena kekurangan oksigen bersih.

6. Kurang tidur
     Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak memperbaharui dirinya. Sementara sel-sel tua tetap akan mati. Jika sudah begini? Sel-sel yang hilang tidak akan tergantikan.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
     Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi, dibuang lalu di hirup kembali.  Sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau awalnya anda akan sering bermimpi buruk.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
     Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

9. Kurangnya stimulasi otak
     Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

10. Jarang bicara
     Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Tapi tentu saja percakapan yang hanya berisi lelucon atau kabar tidak sehat malah akan mengakibatkan gangguan pada refleks otak. Seperti trauma atau kebiasaan berpikir negativ.


Source Inspirasi>>> mengikatkata.blogspot.com

Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar